July 01, 2020 - BY Admin

Ini Dia Cara Efektif Cegah Bisnis Anda Terjangkit Kerugian dari COVID-19

Penyebaran COVID-19 di Indonesia membuat pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan pekerjaannya dari rumah atau biasa disebut WFH (Work From Home). Oleh karena itu, Anda selaku pelaku bisnis harus memiliki alternatif untuk mencegah kerugian yang terjadi pada bisnis Anda.

 

Berikut adalah cara efektif yang perlu Anda persiapkan dan lakukan untuk melindungi bisnis Anda di tengah persebaran wabah COVID-19:

 

Membuat strategi komunikasi untuk karyawan

Melihat kondisi saat ini, kesehatan dan keselamatan karyawan merupakan hal yang paling utama bagi perusahaan. Dengan memberlakukan kebijakan agar karyawan bisa bekerja dari rumah dan melakukan social distancing adalah langkah yang tepat. Walaupun demikian, perusahaan harus jelas memberikan arahan dan aturan yang jelas ketika bekerja di rumah agar karyawan tetap bekerja secara efektif dan profesional. Dengan begitu, bisnis perusahaan tetap bisa berjalan lancar meskipun karyawan tidak datang ke kantor.

 

Menggunakan teknologi untuk bekerja dari rumah

Pada era digital saat ini, fitur dan aplikasi yang terdapat di komputer dan telepon genggam sangat memudahkan pelaku bisnis untuk bekerja dari rumah. Hanya diperlukan akses internet yang stabil, karyawan bisa tetap bekerja secara produktif dan berkomunikasi satu sama lain. Beberapa aplikasi seperti eTamu dan Google Hangout menyediakan fitur video call yang cocok digunakan untuk karyawan melakukan meeting secara online. Ada pula aplikasi seperti Slack sebagai platform komunikasi internal, sehingga karyawan tetap bisa responsif walaupun bekerja berjauh-jauhan.

 

Berikan layanan konsumen yang terbaik

Penyebaran wabah COVID-19 atau virus corona ini tentunya membuat konsumen mengalami kepanikan. Tidak jarang beberapa klien membatalkan perjanjian yang sudah dibuat ataupun pelanggan membatalkan pesanan. Walaupun begitu, pastikan perusahaan Anda tetap memberikan pelayanan yang terbaik. Jangan sampai konsumen Anda semakin kecewa dan meninggalkan kesan yang kurang baik terhadap perusahaan.

 

Membuat rencana untuk menghadapi krisis

Banyak pelaku bisnis yang terkadang melewati bagian ini. Pada skala ini, sebaiknya para pelaku bisnis sudah mempunyai rencana terkait apa yang harus dilakukan bila perushaan mengalami krisis. Rencana yang baik di tengah persebaran wabah COVID-19 ini adalah menyiapkan prosedur yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah dari jarak jauh, seperti prosedur rapat dan hal lainnya. Tidak kalah pentingnya menyiapkan rencana terkait apa yang harus dilakukan tentang pembatalan yang dilakukan klien, pertanggungan asuransi untuk penutupan bisnis, jalur kredit yang memadai, dan pemberian gaji karyawan. Semua hal tersebut sebaiknya direncanakan dengan matang dan sebaik mungkin untuk menghindari bisnis Anda terjerat kerugian.

 

Merubah Pola Bisnis anda dari Offline menjadi Online

Banyak pelaku bisnis yang terkadang melewati bagian ini. Bisnis saat ini apabila tidak berevolusi dan berubah total maka akan di Pastikan anda akan di tinggal oleh pelanggan anda. Siapkan Aplikasi Bisnis yang memadai untuk bisnis anda.

 

Lima cara tersebut dapat dilakukan pelaku bisnis agar dampak kerugian dari wabah COVID-19 dapat diminimalisasi, dan bisnis dapat tetap berjalan. Waspada terhadap COVID-19 terkait kesehatan tentunya dibutuhkan oleh setiap pelaku bisnis, tetapi jangan lupa untuk memerhatikan hal finansial yang dapat membuat bisnis Anda terjangkit kerugian dari COVID-19.